Welcome Back!








Suatu ketika, tidak sengaja melihat film di TV berjudul Finding Forester yang menceritakan seorang penulis terkenal tetapi menghilang ketika buku pertamanya diluncurkan. Kemudian ada murid yang tidak sengaja pula, mendatangi kediamannya yang konon seperti rumah hantu. Hal menarik dalam cerita itu adalah;

“Jika engkau sedang menulis, maka biarkanlah tanganmu menari-nari dengan sepuasanya, segala pikiran jangan terlalu fokus, biarkanlah tangan-tanganmu menulis dengan sendirinya. Sungguh mengasyikkan kemudian engkau membacanya setelah selesai, tentang apa yang baru engkau tulis. Lalu, setelah itu barulah, pikiranmu engkau gunakan untuk menyempurnakan hasilnya.”

Yeah.... tulisan ini juga begitu, kutulis tanpa banyak pikir. Biarkan tangan-tangan ini menari. Lagipula, setelah beberapa saat yang lama blog ini telah tertinggalkan tanpa terurus. Dan, sekarang akan kumulai untuk menulis menulis dan menulis di sini. Kenapa? Sebab, (1) aku ingin sekali menepi dari lautan informasi yang (maaf) penuh sampah; FB, WA, dan Line. Betapa beribu berjuta tulisan yang sulit dimaknai. (2) aku ingin kembali melatih menulis yang panjang-panjang tetapi penuh isi dan sistematik. Tidak banyak yang membaca? Tidak masalah. (3) sebenarnya ingin juga menulis sebuah novel besar yang menandingi tetraloginya pram.

Jadi mungkin, nantinya blog ini akan diisi tulisan yang bermacam-macam jenisnya. Pertama, ada tulisan ilmiah yang serius dan sebagian katanya akan asing dan sulit dipahami bagi orang-orang yang jarang membaca (atau orang yang tidak mendalami cabang ilmunya), kedua, ada puisi-puisi juga tentunya untuk mencurahkan segenap rasa, pemikiran, dan apapun, ketiga, ada juga sketsa-sketsa tulisan yang mungkin kebanyakan berupa penggalan novel/cerita (yang namanya sketsa tentunya bukan tulisan yang jadi, hanya buah dari lintasan pikiran dan tentu satu sama lain akan sangat dimungkinkan untuk tidak berkaitan). Keempat, ada sejenis tulisan-tulisan yang berisi curcol (curhat (curahan hati) colongan) yang tentu tidak akan banyak orang yang memahami, bahkan akan jadi gagal paham, dan salah paham. Jadi jangan dimasukkan dalam hati.  Dan curcol-curcol akan terdapat dalam berbagai macam tulisan, mungkin dalam nuansa ilmiah, puisi, sketsa novel dan sebagainya.

Yah begitu saja, dengan tulisan yang singkat ini merupakan pembukaan kembali blog yang telah sekian tahun menemani. Banyak memori yang tersimpan di dalamnya dan sengaja tidak ada yang dihapus, meski ada yang konyol dan (sedikit) memalukan. Tetapi sepertinya juga tidak ada yang berbahaya. Tentu saja harap dimaklumi kalau dulu di masa-masa labil ada tulisan yang “bikin ngakak”. Setidaknya bagiku, dan baginya (entah siapa, atau mungkin dia yang ingin membuat biografiku dan harus mempelajari perkembangan intelektualku, halah) tulisan-tulisan yang lalu dapat bermanfaat. Sekecil-kecil manfaat untuk menilai diri ini, sudah sampai mana kualitasku saat ini dibanding dulu.



Well, Welcome Back. ;)

Komentar