Optimalkan Masa Mudamu

Masa muda adalah masa yang paling indah yang dialami oleh setiap orang. Masa dimana kita masih belum banyak memiliki tanggung jawab yang besar. Tidak seperti kalau ketika kita sudah memiliki sebuah keluarga. Kita akan mendapat tanggung jawab yang sangat besar menjadi seorang tua, waktu kita yang dulunya sangat longgar, sekarang tidak seperti kalau ketika kita masih muda. Nah, waktu muda kita yang hanya berjalan hingga beberapa tahun lagi ini mari kita manfaatkan betul-betul, agar kelak kita tidak menyesal.

Pertama-tama carilah hobi yang bersifat positif. Banyak orang sukses hanya karena hobi mereka. Hobi yang kita lakukan dengan sepenuh hati dan rutin, suatu saat akan berguna di masa depan di kehidupan bermasyarakat. Pilihlah hobi sesuai kesenanganmu, walaupun hobimu itu suatu yang konyol dan sering ditertawakan oleh orang-orang sekitar, tetaplah tabah dan jangan putus asa. Contoh hobi yang konyol : mengoleksi wadah korek gas, mengoleksi batu-batu, mengoleksi wadah rokok, memotret semua jenis hewan dan tumbuhan, mengoleksi tutup botol, dan sebagainya. Mungkin hal-hal diatas terdengar sangat konyol, namun bisa jadi setelah beberapa tahun ketika koleksi kita sudah ada segudang kita bisa mengadakan pameran koleksi kita. Dari pameran tersebut berjuta-juta uang akan mengakir di dompet kita.

Aku jadi teringat perkataan ayahku,"Nak, kalau kita hanya berusaha membuat nilai akademik kita baik saja, nanti di masyarakat kamu tidak akan mudah diterima. Karena tidak bisa melakukan apa-apa kecuali hanya berpikir tentang pelajaran. Oleh karena itu mumpung waktumu masih banyak, isilah waktumu itu dengan bergabung dengan organisasi-organisasi yang bertujuan positif. Jika kamu besar nanti kamu akan jadi lebih baik dari orang yang hanya belajar saja di waktu muda".

Mendengar perkataan tersebut aku jadi tertarik bergabung dengan banyak organisasi. Walaupun waktu bermainku banyak tersita, aku tetap enjoy melakukan semua itu. Jika semua kegiatan kita lakukan dengan perasaan riang gembira maka kita tidak merasakan capek sedikitpun. Oleh karena itu, mulai sekarang buatlah diri anda sibuk dalam hal positif.

Ingatlah, " BARANG SIAPA YANG TIDAK MENYIBUKAN DIRI DALAM KEBAIKAN NISCAYA IA AKAN DISIBUKAN DALAM KEBURUKAN". Waspadalah!!! Waspadalah!! Was-waspad-waspadalah(keselek).

Komentar